Domain Gratis


Cara dapat domain gratis
Melanjutkan tulisan cara membuat website gratis, artikel ini akan memberi petunjuk langkah - langkah mendaftarkan nama domain yang gratis pula. Dan penyedia nama domain yang pilih adalah dari domain co.cc, sebab seperti yang sudah kita ketahui, bahwa co.cc adalah top level domain yang bisa kita dapatkan secara gratis. Disamping itu kita bisa mengontrol DNS Records, A, MX, dan CNAME records, sehinga domain co.cc bukan hanya sekedar "URL Forwarding".
OK..., sebelum kita menuju tahap memilih nama domain, sebaiknya kita mengetahui fitur yang disediakan pada layanan ini. Ada 3 tipe pengaturan di co.cc. Ketiganya memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini akan saya coba menjelaskan tentang cara setting domain di co.cc:

1. MENEJER DNS

Ini biasanya digunakan untuk sebuah web yang memerlukan web hosting dan mengharuskan untuk mengarahkan Name Server-nya ke hosting tersebut. Misal untuk membuat web di 000webhost, atau bisa juga untuk blog wordpress yang menggunakan hosting dari luar. Metode ini tidak cocok digunakan untuk blogger/blogspot yang menggunakan hosting default dari blogger/blogspot.
Cara setting untuk metode ini yaitu dengan mengisi pada kolom "Name Server 1 dan Name Server 2 dengan name server yang sesuai dengan hosting yang digunakan. Misal, bagi yang menggunakan hosting dari 000webhost maka untuk kolom "Name Server 1" disi dengan "ns01.000webhost.com" dan kolom "Name Server 2" disi dengan "ns02.000webhost.com". Kemudian klik tombol "Setup". Selesai

2. ZONE RECORDS

Dengan Metode inilah saya menggunakannya. Dan Penjelasan cara setting untuk Zone Records akan saya uraikan dibawah.

3. URL FORWARDING

URL forwarding bisa digunakan untuk apa aja, bisa web ato blog. Tapi URL Forwarding ini hanya memforward domain yang baru (di co.cc) ke domain lama. Jadi domain lama akan seperti semula tanpa ada perubahan apapun, cuma kita bisa mengakses web/blog kita dengan mengetikkan nama domain baru kita di browser. Jika menggunakan URL Forwarding maka yang terindex di google atau Search engine yang lain adalah tetap Domain kita yang lama.
Untuk setting URL Forwarding sangat mudah, kita hanya mengisikan data-data yang diminta dan disesuaikan dengan web/blog kita, seperti "Redirect to:, Page Title, URL Hiding, Meta Description dan Meta Keywords". Kita tidak perlu lagi mensetting domain di web/blog kita lagi.

Catatan:

Untuk metode Forwarding ini tidak dianjurkan jika tidak betul-betul diperlukan.


Sekarang baru ketahap pembuatan dan pengecekan nama domain, apakah masih tersedia atau sudah terpakai di co.cc. Anda bisa coba melakukannya lagi berulang-ulang bila masih belum tersedia, sampai kita mendapat nama domain yang tersedia. Untuk tip cara memilih nama domain yang bagus, 

Kemudian Langkah pertama silahkan anda menuju ke http://www.co.cc. Pada halaman pertama silahkan masukkan dan cek nama domain anda.


Berikut gambaran antara nama domain yang masih tersedia  dan tidak tersedia. Disini saya contohkan nama domain saya "buatblog-mudah" :


Kalau nama domain anda sudah tersedia, KLIK lanjutkan pendaftaran. Pada halaman berikutnya anda diminta mengisi data anda pada forum yang disediakan, silahkan and isi dengan lengkap.

Setelah selesai berlanjut ke
SETUP :


Karena saya menggunakan hosting gratis dari google.com, maka dihalaman setup pada Zone
records, isi forum seperti :
Host  : www.Nama Domain.co.cc
TTL   : Biarkan tetap 1D
Type  : CNAME
Value : ghs.google.com

Perhatikan gambar dibawah ini :


Pada halaman terakhir silahkan anda Lihat gambar berikut dan nama domain anda sudah aktif, lalu LOG UOT.

Akhirnya pembuatan dan pendaftaran nama domain sudah selesai.

Selamat mencoba... dan semoga bermanfaat untuk anda semuanya....amiin.

Jangan lupa, silahkan anda tinggalkan komentar pada forum dibagian bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Technorati
  • Facebook
  • TwitThis
  • MySpace
  • LinkedIn
  • Google
  • Reddit
  • Netvibes
Design by eckoCS1Copyright © 2010 Cheater Baturaja | Powered by Blogger