Perkembangan internet di Indonesia

Sebelum masuk kepada tema kita kali ini, saya ingin sedikit mengulas mengenai sejarah dari internet itu sendiri. Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Srikat untuk kepentingan komunikasi yang tidak memiliki batasan tertentu melalui saluran telepon.
Karna dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Srikat, internet pada awalnya memang hanya digunakan sebagai sarana militer. Namun pada tahun 1972 perkembangan internet yang semula hanya untuk kebutuhan militer saja berkembang menjadi kebutuhan dibanyak sektor kehidupan seperti kampus, perkaantoran, bahkan perumahan.
Perkembangan internet di Indonesia yang pertamakali tercatat ialah penggunaan protokol internet (IP) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tahun 1988. Dari tahun inilah kemudian terus membangkitkan perkembangan internet di Indonesia, yang ditandai dengan berdirinya perusahaan IndoNET sekitar tahun 1994.
Pada saat itu akses awal yang dilakukan oleh IndoNET hanya berkisar antara mode teks dengan shell account, browser Iynx dan email client pine serta chatting dengan conferance pada server AIX. Perkembangan internet di Indonesia barulah berkembang pesat pada tahun 1995 dengan diterbitkannya ijin untuk ISP yang diberikan kepada perusahaan IndoNET. Dengan ini barulah masyarakat Indonesia dapat lebih banyak mengakses jaringan internet termasuk mengakses (HTTP).
Perkembangan internet di Indonesia mulai dari tahun 1995 hingga saat ini memiliki peningkatan yang cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan semakin berkembangnya kurikulum pendidikan mulai dari SMP, SMA/K, bahkan Perguruan tinggi yang mengharuskan para pelajar dapat menggunakan internet untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar ataupun melihat materi pelajaran sebagai bahan ujian.
Hingga saat ini perkembangan internet di Indonesia terus menerus menuju kearah yang sangat baik, bahkan dengan internet seseorang dapat menghasilkan uang ataupun melakukan hubungan silaturahmi dengan teman-teman lama ataupun saudara.
Eeemmm.. Tapi apa yaa kira-kira pentingnya internet bagi kehidupan kita sehari-hari? mungkin banyak orang di sekitar kita yang tidak perduli dengan keberadaan internet yang ternyata bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Hal tersebut tidak serta-merta menyatakan bahwa hanya sedikit orang di Indonesia yang menyadari arti penting internet bagi kehidupan sehari-hari, hal tersebut dibuktikan dengan semakin membaiknya perkembangan internet di Indonesia, mulai dari kemudahan jaringan internet yang diberikan kepada masyarakat sampai kepada mudahnya akses jasa internet yang diberikan.
Kemudahan akses ini dapat kita lihat dari bagaimana mudahnya seseorang berbalas-balasan email ataupun tukar menukar informasi yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan Handphone.
Lalu apa manfaat dari perkembangan internet di Indonesia? Pertanyaan itu mungkin muncul pada masa awal dimulainya fase perkembangan internet di Indonesia, namun untuk saat ini tentu sudah banyak orang yang semakin menyadari bahwa internet dapat mempermudah kita melakukan komunikasi dengan sesama. Bayangkan saja, pada zaman sebelum kita mengenal internet, untuk mengirimkan surat kita harus menghabiskan waktu minimal 30 Menit untuk mengirimkan surat ke kantor pos. Ya tentu dapat dibayangkan berapa banyak waktu kita yang dihabiskan untuk itu?
Dengan hadirnya internet dan disertai dengan perkembangan internet di Indonesia, tentu kita sangat terbantu dalam segi mendapatkan informasi yang lebih cepat melalui surat elektronik yang dalam penyampaiannya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Dengan demikian Perkembangan internet di Indonesia telah membawa dampak penting untuk kelangsungan komunikasi disegala bidang kehidupan dan juga sebagai sarana tukar menukar informasi, Bisnis dan hal-hal lain yang tentunya penting bagi kehidupan umat manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Technorati
  • Facebook
  • TwitThis
  • MySpace
  • LinkedIn
  • Google
  • Reddit
  • Netvibes
Design by eckoCS1Copyright © 2010 Cheater Baturaja | Powered by Blogger