Inilah Makanan Khas Wisata Kuliner Palembang

Makanan atau Kuliner Khas Palembang – Bicara tentang yang satu ini, akan membuat perut terasa lapar. Ada begitu banyak makanan / kuliner khas Palembang, Berikut ulasan tentang beberapa kuliner tersebut yang dikutif dari infopalembang.id.

1.Empek-Empek 

Makanan satu ini telah menjadi ikon bagi Palembang, atau mungkin bahkan sudah mendunia. Salah satu yang diingat oleh orang yang pernah ke atau dahulu bermukim di Palembang adalah Pempeknya. Makanan yang merupakan percampuran kultur China & palembang ini berbahan dasar Ikan & Sagu. Pempek ini disajikan bisa dalam keadaan direbus ataupun digoreng sesuai selera. Bagi yang tahan pedas, Pempek biasanya disajikan juga dengan Saus Cuka yang berbahan dasar gula merah dan cabai ada juga yang ditambahkan udang kering.

pempek
pempek


2.Tekwan & Model

Para pedagang biasanya menjual kedua makanan ini berdampingan. Dimana ada tekwan disitu ada model, karena pada dasarnya kedua jenis makanan ini serupa tapi tak sama. Tekwan berbahan dasar ikan & sagu yang dibentuk kecil mirip bakso namun tidak terlalu bulat. Namun pada Model, sama seperti tekwan + ditambah Pempek Tahu yang dipotong-potong. Keduanya sama-sama disajikan dengan kuah kaldu, dan ditambahkan mihun. Namun ada juga jenis lain dari Model yang berbahan dasar gandum yang digoreng namun secara garis besar hampir sama dengan model yang berbahan dasar ikan.

Tekwan

Tekwan

Model image via infopalembang.id
Model

3.Laksan

Modifikasi dari pempek dan salah satu dari makanan yang menggunakan santan. Berbahan utama berupa Pempek yang tebal berukuran Panjang (Pempek Lenjer) yang dipotong-potong lalu disiram campuran santan dan cabai, menghasilkan kuah santan yang pedas.

Laksan
Laksan


4.Celimpungan

Merupakan juga modifikasi dari pempek, yang uga berkuah santan. Hanya saja kali ini Pempek yang digunakan berbentuk bulat seperti bakso (Pempek Adaan) dan lagi-lagi disajikan dengan kuah santan ditambah racikan berbagai macam bumbu sehingga menghasilkan kuah santan berwarna kuning.

 Celimpungan

Celimpungan


5.Lakso

Mie yang berbahan dasar tepung beras, yang disajikan lagi-lagi dengan kuah santan yang serupa dengan kuah celimpungan.

 Lakso

Lakso


6.Burgo

Dadar Gulung yang terbuat dari Tepung beras & Sagu. Ketika disajikan Burgo ini diris-iris kemudian disiram lagi dan lagi oleh si kuah santan.

 Burgo image

Burgo


7.Ragit

Kali ini benar-benar Dadar Gulung yang terbuat dari telur dan terigu, hanya saja disajikan dengan kuah kare daging dan potongan wortel dan kentang.

Ragit
Ragit


8.Mie Celor

Mie-nya khas Palembang. Mie yang digunakan adalah mie yang berukuran sedikit lebih besar mirip soba yang kemudian dicampur dengan kuah kaldu & daging udang.

Mie Celor image
Mie Celor


9.Martabak HAR

Martabak khas India yang diperkenalkan di Palembang oleh Haji Abdul Razak yang terbuat dari terigu + Telur yang didebntuk sedemikian rupa dengan cara manual menggunakan tangan bisa menjadi mertabak berukuran besar. Martabaka ini disajikan dengan kuah kare kambing.

Martabak HAR image
Martabak HAR i


10. Pindang Palembang


Pindang ikan image
Pindang ikan


Pindang Tulang image via infopalembang.id
Pindang Tulang

Kuliner satu ini biasanya disantap bersama nasi. Ada dua jenis Pindang di palembang yaitu Pindang ikan dan pindang tulang. Untuk pindang ikan sendiri berbagai jenis ikan bisa digunakan namun yang umumnya disukai di Palembang adalah Patin & Gabus.

11.Tempoyak

Saus yang terbuat dari Durian yang ditumis ini, merupakan salah satu kesukaan masyarakat Palembang. Bahkan dibeberapa daerah makan dengan saus ini saja sudah menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Terkadang juga tempoyak ini dicampur lagi kedalam berbagai masakanan, seperti pindang, ikan pepes (ikan brengkes), atau Jok Jok (Nama campuran tempoyak khas daerah komering yang biasa disajikan dengan telur / ikan).

Tempoyak image
Tempoyak


12.Daging Malbi

Masakan yang merupakan olahan dari daging ini hampir serupa dengan rendang, hanya saja Malbi tidaklah pedas tapi malah manis dan gurih.

Malbi image
Malbi


13.Kemplang & Kerupuk

Makanan yang biasa dijadikan oleh-oleh dari Palembang, karena daya tahanya yang lumayan lama. Kerap dijadikan sebagai lauk makan di Palembang atau cemilan. Umumnya terbuat dari ikan yang diolah sedemikian rupa. Perbedaanya pada tekstur, kalau kemplang bertekstur Padat dengan bentuk yang bervariasi, sementara kerupuk berbentuk bulat, berongga-rongga, serta lebih renyah.

Kemplang image
Kemplang

Kerupuk image
Kerupuk


14.Srikaya


Srikayo image via infopalembang.id
Srikayo

Bahan dasarnya berupa telur & daun pandan yang diolah menyerupai puding. Umumnya srikaya disajikan dengan ketan. Namun sekarang srikaya juga telah banyak digunakan untuk dijadikan toping atau bahan campuran makanan lainnya.

15.Kue khas Palembang

Ada banyak jenis kue khas Palembang seperti :

Kue Maksuba – Kue yang berbahan dasar telur yang jumlahnya lumayan banyak

Maksuba image via infopalembang.id
Maksuba


Kue 8 jam hingga 12 jam – Kue yang pembuatanya membutuhkan banyak waktu dan harus benar-benar ditunggu sehingga menghasilkan teksturnya yang lembu hingga dengan mudah lumer dimulut.

Kue 8 jam image via infopalembang.id
Kue 8 jam


Kue Kojo – Kue yang umumnya berbahan dasar pandan namun sekarang ada varian kue kojo berbahan dasar durian yang tak kalah nikmatnya.

Kojo image via infopalembang.id
Kojo


Atau Kue Engkak, Kue Sarang Semut, Kue Gandus, serta kue-kue lainnya yang terlalu panjang kalau diulas disini.

Inilah beberapa makanan atau kuliner khas Palembang, yang mampu membuat kita kebingungan jikalau semua itu dihidangkan dalam 1 meja dan tentunya membuat kita ingin menikmatinya.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Technorati
  • Facebook
  • TwitThis
  • MySpace
  • LinkedIn
  • Google
  • Reddit
  • Netvibes
Design by eckoCS1Copyright © 2010 Cheater Baturaja | Powered by Blogger